Ajak Pemilih Pemula Berkomitmen Sukseskan Pilgub Bali 2018

  • 12 Juni 2018
  • Dibaca: 529 Pengunjung
Print Friendly and PDF
Ajak Pemilih Pemula Berkomitmen Sukseskan Pilgub Bali 2018

Denpasar, bali.kpu.go.id – Segmen pemilih pemula kembali mendapatkan sosialisasi mengenai pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Bali 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali (KPU Bali). Kali ini giliran SMK Penerbangan Cakra Nusantara Denpasar mendapat kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan umum seputar kepemiluan khususnya pelaksanaan Pilgub Bali. (12/06/18)

Ketua KPU Bali Dewa Raka Sandi mengatakan tujuan sosialisasi kali ini adalah untuk mengajak para pemilih pemula menjadi lebih dekat dengan KPU dan memahami secara umum mengenai penyelenggaraan sebuah pemilihan. Raka Sandi juga mengingatkan kepada seluruh siswa SMK Penerbangan Cakra Nusantara mengenai hari pemungutan suara yang tinggal menghitung hari saja. “mari kita bersama-sama berkomitmen untuk mensukseskan pelaksanaan Pilgub Bali” imbuhnya.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Bali Ni Wayan Widhiasthini pada kesempatan yang sama memaparkan mengenai gambaran umum tentang kepemiluan, mulai dari asas Pemilu hingga syarat untuk menjadi pemilih dan menggunakan hak suara di TPS. Untuk pelaksanaan Pilgub Bali 2018, Widhiasthini juga memperkenalkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali dan mengingatkan kepada seluruh siswa yang hadir agar senantiasa mencermati rekam jejak dan visi misi dari masing-masing pasangan calon sebelum menggunakan hak pillihnya di TPS pada tanggal 27 Juni 2018 nanti.

Kadek Wirati sebagai Divisi Perencanaan dan Data KPU Bali juga berkesempatan memberikan penjelasan mengenai syarat-syarat untuk menjadi pemilih dalam Pilgub Bali ini. Wirati menjelaskan bahwa saat ini Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) atau Surat Keterangan dari Disdukcapil merupakan syarat mutlak untuk dapat terdaftar sebagai pemilih.  

Puncak Sosialiasi diisi dengan Simulasi pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS yang dipandu langsung oleh Divisi Teknis KPU Bali Ni Putu Ayu Winariati. Seluruh siswa yang hadir sangat antusias dalam menjalani setiap peran yang dimainkannya dalam simulai tersebut. Dalam simulasi tersebut, masing-masing siswa mendapat peran untuk melakukan tugas sebagai KPPS, Saksi/PPL, Petugas Keamanan serta menjadi Pemilih dengan berbagai situasi dan kondisi layaknya di TPS sesungguhnya. (gb.red/Foto KPU Bali/gb/Hupmas)

  • 12 Juni 2018
  • Dibaca: 529 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita