Jelang Hari Pemungutan Suara, KPU Bali Laksanakan Bimtek Tungsura dan Aplikasi SITUNG

  • 02 Maret 2019
  • Dibaca: 297 Pengunjung
Print Friendly and PDF
Jelang Hari Pemungutan Suara, KPU Bali Laksanakan Bimtek Tungsura dan Aplikasi SITUNG

Ubud, bali.kpu.go,id -Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali melaksanakan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) serta Rekapitulasi Suara dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi SITUNG Pemilihan Umum Tahun 2019 di Hotel Sthala Ubud Gianyar. (28/02/19)

Bimbingan Teknis yang mengundang Ketua, Divisi Teknsi, Kepala Sub Bagian Teknis serta operator SITUNG KPU Kabupaten/Kota se-Bali tersebut dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gde Lidartawan. Dalam sambutannya Lidartawan mengingatkan kepada seluruh peserta agar menjalani bimtek ini secara tekun, sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat melaksanakan tugas dengan baik terutama bagi para operator situng.

Dalam bimtek yang dilaksanakan hingga tanggal 2 Maret 2019 tersebut, peserta mendapat materi mengenai Pemungutan dan Penghitungan Suara yang dibawakan oleh Divisi Teknis KPU Bali Luh Putu Sri Widyastini. Sedangkan untuk materi Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu dibawakan oleh Ketua KPU Bali. Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bali Anak Agung Gede Raka Nakula membawakan materi mengenai Penetapan Pasanga Calon Terpilih, Penetapan Perolehan kursi serta Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu 2019. Sedangkan untuk materi Aplikasi SITUNG, diisi langsung oleh narasumber dari Biro Teknis Sekretariat KPU RI.

Untuk memantapkan persiapan proses pemungutan hingga rekakpitulasi suara dalam Pemilu 2019 mendatang, rangkaian bimtek ditutup dengan pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Dalam pelaksanaan simulasi tersebut, seluruh peserta dilibatkan sebagai kpps, saksi, ppl, serta pemilih. Seluruh peserta memainkan perannya masing-masing sesuai dengan arahan dan beberapa rekayasa kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang akan terjadi selama proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS. (gb.red/Foto KPU Bali/gb/Hupmas)

  • 02 Maret 2019
  • Dibaca: 297 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita