Deklarasi Damai Awali Tahapan Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019

  • 24 Maret 2019
  • Dibaca: 315 Pengunjung
Print Friendly and PDF
Deklarasi Damai Awali Tahapan Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019

Denpasar, bali.kpu.go.id– Menandai pembukaan kampanye rapat umum dalam pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali (KPU Bali) melaksanakan acara bertajuk Deklarasi Damai Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019. (24/03/19)

Acara yang juga dirangkai dengan Pemilu Fun Run tersebut dibuka oleh Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan. Dalam sambutannya Lidartawan mengatakan bahwa masa kampanye rapat umum akan berlangsung selama 21 hari sejak tanggal 24 Maret 2019 hingga 13 April 2019. Saat ini, KPU Bali memberikan ruang lebih untuk para peserta pemilu dengan mengadakan pemilu expo. Dalam pemilu expo setiap peserta pemilu diberikan kesempatan untuk melakukan parade, pameran dan orasi oleh masing-masing calon ataupun juru kampanyenya.

Pada kesempatan tersebut, Lidartawan juga mengucapkan terima kasih kepada para jajaran penyelenggaran pemilu dari tingkat pps, ppk hingga relawan demokrasi yang telah mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya untuk mensosialisasikan dan melancarakan pelaksanaan pemilu 2019 mendatang. Diakhir sambutannya, Lidartawan menghimbau kepada peserta pemilu dan masyarakat agar senantiasa mentaati segala peraturan yang berlaku demi terciptanya pemilu yang aman dan damai.

Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati dalam acara yang dilaksanakan di area lapangan utara bajra sandi tersebut sangat mengapresiasi KPU Bali yang telah memfasilitasi peserta pemilu dalam rangkaian tahapan kampanye rapat umum saat ini. Gubernur Bali juga menghimbau kepada peserta pemilu agar memanfaat masa kampanye ini untuk  berkomunikasi dengan masyarakat untuk menyampaikan visi misi yang ditawarkan. “laksanakan kampanye dengan dewasa, hindari kampanye yang tidak simpatik” tambahnya.

Mengawali rangakaian deklarasi damai, seluruh perwakilan peserta pemilu mengucapkan ikrar deklarasi yang berisikan tiga poin yaitu Mewujudkan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil; Melaksanakan Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019 yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang; Melaksanakan Kampanye Rapat Umum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Rangkaian acara deklarasi dilanjutkan dengan penandatanganan naskah deklarasi oleh tim kampanye pasangan presiden dan wakil presiden, partai politik, calon anggota DPD dan disaksikan oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, penyelenggara pemilu serta instansi terkait lainnya. Akhir acara ditandai dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian oleh seluruh peserta dan pejabat yang hadir. (gb.red/Foto KPU Bali/gb/Hupmas)

  • 24 Maret 2019
  • Dibaca: 315 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita