Bahas Kesiapan Pilkada, KPU Bali Terima Kunjungan Kapolda

  • 17 Juni 2020
  • 17:05 WITA
berita_201706040643_BahasKesiapanPilkada,KPUBaliTerimaKunjunganKapolda.jpg

Denpasar, bali.kpu.go.id - Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan didampingi para anggota KPU Provinsi Bali menerima kunjungan Kapolda Bali, Dr. Petrus R. Golose beserta pejabat kepolisian Daerah Bali yakni Kombes Pol. Djoko Prihadi, SH, (Karo Ops), Kombes Pol.Drs. Wahyu Suyitno (Dir Intelkam), Kombes Pol. Dodi Rahmawan, S.I.K  (Dirreskrimum) dan Kombes Pol. Jansen panjaitan (Kapolresta Denpasar), bertempat di ruang RPP digital KPU Provinsi Bali. (17/06/2020).

Kunjungan dilaksanakan bertujuan untuk membahas secara langsung persiapan Pemilihan Serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Seperti yang sudah diberitakan, KPU RI telah menetapkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 yang mengatur tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.  

Dalam pertemuan tersebut, Lidartawan menyampaikan bahwa KPU Bali sudah sangat terbantu dengan kehadiran Polda Bali saat pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga pemilu berjalan aman dan lancar. Dukungan tersebut diharapkan dapat terjalin kembali pada pelaksanaan pemilihan serentak 2020 yang akan diselenggarakan di 6 Kab/Kota di Bali yaitu Denpasar, Badung, Tabanan, Bangli, Karangasem, dan Jembrana.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu serentak di tengah pandemic Covid-19, KPU Bali telah melakukan pemetaan TPS  dengan jumlah maksimal 500 orang pemilih per TPS. Selain itu untuk mencegah penularan, telah dilakukan Rapid Test bagi penyelenggara KPU pada tanggal 12 Juni lalu dan akan dilakukan rapid test kepada penyelenggara Badan Ad-Hoc sebelum melakukan interaksi dengan masyarakat. Ditambahkan pula, dalam pelaksanaan kampanye KPU Bali berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik sehingga kampanye akan lebih banyak menggunakan videotron atau media sosial.

Kapolda Bali menyambut baik dan akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020, utamanya dalam memastikan bahwa protokol kesehatan Covid-19 sudah dijalankan. Dukungan yang diberikan Polda Bali tidak hanya dalam bentuk pengamanan tapi juga Tim Cyber Crime yang turut memantau media sosial pada tahapan kampanye terkait dengan berita hoaks dan unsur SARA. (wk.red/Foto KPU Bali/bay/kul)

Komentar