SOSIALISASI PEMILIHAN SERENTAK 2020, JAJARAN KEPOLISIAN SIAP MENGAMANKAN PEMILIHAN.

  • 21 Juli 2020
  • 14:15 WITA
berita_202307120729_SOSIALISASIPEMILIHANSERENTAK2020,JAJARANKEPOLISIANSIAPMENGAMANKANPEMILIHAN.jpeg

Denpasar, bali.kpu.go.id  Sebagai bentuk kesiapan penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020 di 6(enam) Kabupaten/Kota Provinsi Bali, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali melaksanakan sosialisasi kepada jajaran Kepolisian Bali dari tingkat provinsi sampai tingkat desa/kelurahan (Bhabinkamtibmas) dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Pkl 10.00 WITA (21/07/2020).

 

Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan sekaligus sebagai narasumber menyampaikan terimakasih atas segala dukungan yang diberikan selama ini sehingga KPU bisa menyelesaikan setiap tahapan demi tahapan Pemilu maupun Pemilukada. Tujuan dari diselenggarakan acara ini adalah  menyiapkan petugas didalam menyongsong Pemilihan Serentak 2020, mengingat petugas Bhabinkamtibmas sangat berperan penting dalam membantu KPU dalam memberikan pemahaman yang utuh terkait Pemilu Serentak kepada masyarakat, dimana Bhabinkamtibmas bersentuhan langsung dengan masyarakat paling bawah.

 

Lidartawan menambahkan akan ada 9 (Sembilan) hal baru yang dilaksanakan di TPS pada Pemilihan Serentak tahun ini yaitu : Pembantasan jumlah Pemilih di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara)yang sebelumnya 800 pemilih akan dibatasi menjadi 500 orang pemilih. Ketika C6 dibagikan akan disertai himbauan jam kedatangan pemilih. Jadi akan ada pengaturan kedatangan pemilih, sebab waktu mencoblos itu dimulai dari pukul 07.00 sampai 13.00. Pemilih juga diimbau saat datang ke TPS menggunakan masker untuk menghindari penyebaran atau paparan virus covid 19 bagi orang di sekitarnya. Setiap pemilih akan melewati cek suhu tubuh, batas maksimalnya 37,3 derajat, pemilih yang suhunya di atas 37, 3 derajat akan diberi perlakukan khusus. Alat coblos selalu disterilkan oleh petugas KPPS secara berkala. Setelah memilih atau mencoblos jari pemilih tidak lagi dicelup ke dalam botol melainkan akan ditetesi tinta.

 

Sementara itu AKBP Wahyudi Wicaksana, SIK, Kabagbinops Biroops, selaku wakil dari Polda Bali menyampaikan Kepolisiann akan mengamankan kegiatan Pemilu Serentak lanjutan Tahun 2020 yang bersinergi dengan TNI agar dapat berjalan aman dan tertib serta berpedoman dengan PKPU NO 5 tahun 2005, yang juga menjalankan standar dan wajib menggunakan APD sesuai protokol kesehatan yang tetapkan. Kepolisian juga akan mendeteksi dan maping segala bentuk acaman, dan melakukan pengamanan dalam setiap kegiatan KPU dari pencetakan Surat Suara sampai dengan penetapan calon terpilih.

 

Diakhir acara Ketua KPU Bali kembali berterimakasih kepada Polda Bali dan seluruh  jajarannya, mudah mudahan sinergitas ini membuahkan prestasi ditingkat nasional sebagai daerah yang mampu menyelesaikan Pemilihan  Serentak tanpa adanya gugatan. (tp.red/Foto KPU Bali/bud/Hupmas)

 

Komentar