Ilham Saputra : Jaga Soliditas Lembaga Untuk Hadapi Pemilu 2024

  • 19 Maret 2021
  • 18:10 WITA
berita_212203030349_IlhamSaputra:JagaSoliditasLembagaUntukHadapiPemilu2024.jpeg

Tabanan, bali.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali melaksanakan Rapat Konsolidasi Internal Persiapan Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 serta Evaluasi Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020. Rapat dikemas dengan camping bersama di The Joglo Beratan, Tabanan selama dua hari sejak tanggak 18 sampai dengan 19 Maret 2021. (18/03/21)

Rapat yang mengundang Ketua, Anggota dan Pejabat Struktural KPU Kabupaten/Kota se-Bali tersebut dihadiri oleh Plt. Ketua KPU RI Ilham Saputra, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal KPU RI Purwoto Ruslan Hidayat serta Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali selaku Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Bali I Made Rentin.

Dihadapan seluruh undangan, Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan dalam sambutannya menyampaikan kepada jajaran KPU Kabupaten/Kota agar senantiasa menjaga soliditas lembaga sesuai arahan pimpinan KPU RI. Lidartawan juga mengucapkan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 pada 6 Kabuapaten/Kota di Provinsi Bali.

Plt. Ketua KPU RI Ilham Syahputra mengapresiasi kesuksesan Pemilihan Serentak 2020 di Bali yang berjalan damai, lancar dan tertib tidak ada tuntutan Perselisihan Hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi. Ilham juga berpesan agar KPU Provinsi Bali dan KPU Kabupaten/Kota se-Bali menjaga kekompakan dan menyiapkan diri menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024.

Pada kesempatan yang sama, I Made Rentin selaku Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Bali mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilihan Serentak di Provinsi Bali telah mampu menerapkan protokol kesehatan dengan baik tanpa memunculkan klaster baru. Rentin juga menghimbau kepada jajaran penyelenggara agar segera mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah.

Sementara itu, Purwoto Ruslan Hidayat mengatakan bahwa kedepan, pelaksanaan pengadaan Pemilu Tahun 2024 akan mengutamakan metode e-katalog, konsolidasi serta kontrak tahun jamak. Dari sisi SDM, pihak KPU RI menargetkan akan menyelesaikan segala permasalahan terutama mengenai mutasi dan alih status dengan indikator utama integritas dan loyalitas sebagai tolak ukur.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi pencermatan peraturan perundang-undangangan yang tidak sinkron dan Daftar Inventaris Masalah (DIM) mengenai rancangan simulasi tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2020 oleh masing-masing divisi.

Dihari kedua, acara dilanjutkan dengan kegiatan capacity building dan bersepeda serta penyerahan penghargaan pengelolaan keuangan Pemilihan dan Non Pemilihan Tahun 2020 yang masing-masing diraih oleh KPU Kabupaten Tabanan dan KPU Kabupaten Gianyar oleh Ketua KPU Bali. (gb.red/Foto KPU Bali/gb/hupmas)

Komentar