Rancang Metode Sosialisasi di Masa Pandemi

  • 19 Mei 2020
  • 14:20 WITA
berita_201905020509_RancangMetodeSosialisasidiMasaPandemi.jpg

Denpasar, bali.kpu.go.id – Ditengah masa pandemi COVID-19 saat ini, KPU Provinsi Bali melakukan beberapa penyesuaian dari sisi tahapan khususnya kreasi sosialisasi. Dipimpin oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Gede John Darmawan, KPU Bali melaksanakan Rapat “Virtual” dengan KPU Kabupaten/Kota se-Bali. (19/05/2020).

Rapat yang dihadiri oleh Ketua, Divisi Sosialisasi, Kasubag SDM serta Operator E-PPID KPU Kabupaten/Kota tersebut membahas beberapa agenda antara lain tentang rancang bangun tahapan sosialisasi di masa pandemi covid-19, pelaksanaan absensi dan adsministrasi Work From Home (WFH) serta penyempurnaan konten pada portal E-PPID di KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Bali.

John Darmawan meminta kepada seluruh jajaran KPU Kabupaten/Kota agar memaksimalkan sosialisasi melalui media sosial baik dalam bentuk tulisan, gambar ataupun video mengingat situasi pandemi yang masih membatasi gerak KPU untuk melakukan sosialisasi tatap muka kepada masyarakat. Dalam beberapa bulan kedepan, jika situasi sudah cukup kondusif KPU berencana akan kembali melakukan sosialisasi tatap muka yang menyasar Sekolah, Masyarakt Adat dan tempa-tempat keramian lainnya. John juga menyampaikan mengenai pelibatan perangkat desa adat untuk mengingatkan masyarakatnya untuk datang ke TPS saat hari pemungutan suara.

Dalam kesempatan tersebut, dibahas mengenai pelaksanaan kegiatan Work From Home (WFH) dimana sesuai arahan KPU RI seluruh jajaran KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota akan menggunakan absensi online dan membuat laporan online melalui aplikasi yang telah disediakan untuk dikirim setiap hari ke sub bagian SDM yang nantinya akan dijadikan sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam penerimaan tunjangan kinerja.

Sementara itu, terkait pelayanan informasi online melalui web e-PPID dari KPU RI, setiap KPU Kabupaten/Kota diminta untuk segera melengkapi segala jenis informasi yang dibutuhkan baik yang bersifat berkala, serta merta maupun setiap saat. Dengan demikian, pelayanan informasi kepada masyarakat dapat dilakukan lebih maksimal di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan segala sesuatunya melalui online.

Diakhir pertemuan, Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyampaikan kepada seluruh jajaran KPU Kabupaten/Kota agar terus meningkatkan kreatifitas dan terobosan-terobosan baru yang bersifat adaptif dengan situasi pandemi saat ini. (gb.red/Foto KPU Bali/gb/hupmas)

Komentar