Agung Nakula : SPIP Adalah Kerja Tim

  • 29 Januari 2021
  • 14:30 WITA
berita_213001110133_AgungNakula:SPIPAdalahKerjaTim.jpeg

Denpasar, bali.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali melaksanakan Rapat Koordiinasi Implementasi Sistem Pengelolaan Intern Pemerintah (SPIP) dengan mengundang Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan, Kepala Sub Bagian Hukum dan Operator SPIP KPU Kabupaten/Kota. (29/01/2021)

Dilaksanakan di ruang rapat KPU Provinsi Bali, Rapat Koordinasi dibuka oleh Anggota KPU Provinsi Bali Gede John Darmawan didampingi Anak Agung Gede Raka Nakula. Dalam sambutannya, John Darmawan menghimbau kepada jajaran KPU Kabupaten/Kota agar lebih fokus dalam menyusun laporan triwulan SPIP yang wajib diserahkan ke KPU Provinsi secara berkala disetiap tahunnya.

Sementara itu, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Bali Anak Agung Gede Raka Nakula menegaskan, selain harus diserahkan tepat waktu, setiap laporan semestinya dibuat dengan kualitas yang baik diserta data dukung yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan. Agung Nakula juga mengingatkan seluruh peserta mengenai 5 (lima) unsur-unsur SPIP yang harus dilaksnakan yakni Lingkungan Pengendalian; Penelitia Resiko; Kegiatan Pengendalian; Informasi dan Komunitas; serta Pemantauan Pengendalian Intern. “SPIP adalah kerja Tim, semua jajaran harus saling mendukung” begitu tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai penyusunan laporan secara berkala dan progres tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan BPK dan Inspektorat yang belum tuntas baik di tingkat KPU Kabuapaten/Kota maupun di tingkat Provinsi oleh Kepala Bagian Hukum Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Bali Melgia Carolina Van Harling. Pada kesempatan tersebut, peserta dihimbau agar mempedomani Surat Keputusan KPU Nomor 433 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan SPIP pada Komisi Pemilihan Umum dalam menyusun laporan.

Sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali Nomor 18/HK.03.1-Kpt/51/Prov/I/2021 tentang Pemberian Penghargaan Kepatuhan Penyampaian Laporan SPIP Tahun 2020 di Lingkungan KPU Kabupaten/Kota se-Bali, KPU Kabupaten Gianyar memperoleh Peringkat I kategori kepatuhan penyampaian laporan SPIP dikuti oleh KPU Kabuapaten Tabanan di peringkat II dan KPU Kabupaten Bangli di peringkat III. (gb.red/Foto KPU Bali/gb/hupmas)

Komentar