KPU Bali Resmikan RPP Berbasis Digital

  • 18 Desember 2019
  • 20:45 WITA
KPU-Bali-Resmikan-RPP-Berbasis-Digital_862365.jpg

Denpasar, bali.kpu.go.id – Terpilih sebagai salah satu dari 10 Provinsi yang diberikan kepercayaan oleh KPU RI dalam pengembangan digitalisasi Rumah Pintar Pemilu,  Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali meresmikan Rumah Pintar Pemilu Elektronik (e-RPP). (18/12/19)

Diresmikan langsung oleh Anggota KPU RI Wahyu Setiawan, peresmian e-RPP yang mengundang jajaran FKPD, Instansi terkait, KPU Kabupaten/Kota, SMU dan Universtas se-Denpasar serta Media Cetak dan Elektronik tersebut dikemas dengan nuansa budaya dan kesenian Bali oleh siswa-siswi disabilitas yang berasal dari SLB Negeri 1 Badung dan YPAC Badung.

Ketua KPU Provinsi Bali mengatakan mengucapkan terima kasih kepada KPU RI telah memberikan kepercayaan kepada KPU Bali untuk dijadikan proyek percontohan e-RPP bersama dengan 9 Provinsi lainnya di Indonesia. Menurut Lidartawan, e-RPP ini diharapkan dapat memberikan nilai positif bagi seluruh pengunjung yang hadir terutama para pemililh milenial yang hidup di era digital ini.

Sementara itu, Anggota KPU RI Wahyu Setiawan  sesaat sebelum meresmikan e-RPP KPU Bali mengatakan bahwa proses digitalisasi RPP saat ini merupakan keinginan KPU untuk senantiasa meningkatkan pelayanan yang cepat dan mudah kepada masyarakat terutama mengenai informasi pemilu. Wahyu Setiawan juga mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2019 di Provinsi Bali yang telah berjalan dengan aman, damai dan demokratis.

Electronik Rumah Pintar Pemilu(e-RPP) merupakan suatu sarana media digital RPP berbasis web, yang diaplikasikan pada desktop dan kiosk desain yang sederhana, mudah digunakan dan dapat digunakan kapan saja serta penyajian yang diberikan sangat interaktif sehingga menarik pengguna itu sendiri untuk menggali lebih dalam sejarah dan materi-materi kepemiluan dan dapat digunakan oleh semua kalangan baik itu masyarakat, instansi (pemerintah, BUMN, swasta), partai politik, dan lainnya di semua basis pemilih maupun pihak lain. Materi-materi kepemiluan yang ditayangkan tidak hanya memuat konten yang bersifat nasional tetapi juga memuat materi-materi yang mempunyai nilai-nilai kearifan lokal tersendiri sesuai dengan masing-masing daerah.

Materi-materi kepemiluan yang disajikan pada e-RPP untuk para pengguna antara lain adalah mengenai Pemilu 2019, Pemilihan Kepala Daerah, Literasi dan Demokrasi Pemilu, Penyelenggara Pemilu, Galeri Kepemiluan, Audio Visual Kepemiluan, Simulasi Kepemiluan, Game Interaktif Kepemiluan, Infografis Hasil Pemilu serta Video Kegiatan KPU.

Peresmian e-RPP KPU Bali dilaksanakan dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti oleh Wahyu Setiawan dilanjutkan dengan kunjungan bersama dipandu oleh Anggota KPU Bali I Gede John Darmawan selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyaakat dan Organisasi dan SDM. (gb.red/Foto KPU Bali/gb/Hupmas)

Komentar