Perumusan Konsep Pendidikan Pemilih Pilkada 2020

  • 26 Februari 2020
  • 21:00 WITA
berita_202702050231_PerumusanKonsepPendidikanPemilihPilkada2020.jpg

Denpasar, bali.kpu.go.id – Untuk meningkatkan tingkat partispasi masyarakat terutama dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020, KPU Provinsi Bali melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang membahas konsep materi Pendidikan Pemilih terutama di Daerah Partisipasi Rendah, Potensi Pelanggaran Pemilu Tinggi dan Rawan Konflik/Bencana Alam. (26/02/2020)

Mengundang jajaran Ketua dan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partispasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten/Kota, rapat yang dilaksanakan di Hotel Grand Inna Bali Beach ini mendatangkan Ketut Udi Prayudi (JADI Bali), Kadek Dwita Apriani (Cyrus Network) dan Gede Suardana (KODE Bali) selaku Narasumber dan Moderator.

Dihadapan seluruh peserta, Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyampaikan materi yang baik dan simple menjadi sangat penting dalam menyusun sebuah konsep materi Pendidikan Pemilih. Menurutnya, ketiga kategori daerah tersebut harus mendapat perlakuan khusus sehingga apa yang ingin kita sampaikan pada saat sosialisasi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Lidartawan berharap, seluruh KPU Kabupaten/Kota dapat memberikan pikiran dan ide-ide kreatif selama penyusunan materi berlangsung.

Pada kesempatan yang sama, Divisi Sosialisasi KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan mengatakan bahwa diperlukan sebuah inovasi baru untuk meningkatkan partispasi pemilih di daerah partisipasi rendah, pelanggaran pemilu tinggi dan rawan bencana/konflik. John juga menyampaikan untuk Pemilihan Serentak Tahun 2020, KPU telah menetapkan target partispasi pemilih secara nasional sebesar 79% sedangkan untuk Bali ditargertkan sebesar 85%.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing narasumber denga moderator Gede Suardana. Sesi pertama diisi oleh Ketut Udi Prayudi dengan materi Optimalisasi Peran Adat dan Disabilitas Dalam Pemilu dilanjutkan dengan Kadek Dwita Apriani dengan materi Pendidikan Politik Bagi Milenial dan Perempuan di sesi kedua.

Finalisasi konsep materi Pendidikan Pemilih Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Daerah Partisipasi Rendah, Daerah Dengan Pelanggaran Pemilu Tinggi serta Rawan Bencana/Konlik akan dilaksanakan pada pertemuan kedua dan akan dikemas dalam bentuk hardcopy. (gb.red/Foto KPU Bali/gb/hupmas)

Komentar